Fast Response : 08125896996 - 082157794994 - PIN BB : 236619FE
Khusus Pelanggan Bontang Area BTN PKT - BTN BSD : PESAN - BAYAR - TICKET ANTAR GRATIS
[ Luar Kota By
Email]

Sepinggan Balikpapan

Share on :
Kota Balikpapan terletak di Propinsi Kalimantan Timur. Kota ini terkenal dengan kekayaan minyaknya dan dulu termasuk dalam wilayah Kesultanan Kutai. Namun setelah penjajahan Belanda menguasai wilayah Nusantara, Kesultanan Kutai pun akhirnya menjadi wilayah protektorat Belanda.
Kota Balikpapan memiliki satu bandar udara, yakni Bandara Internasional Sepinggan (BPN). Bandara ini termasuk berkapasitas besar karena memiliki landasan pacu yang bisa dijadikan tempat pendaratan pesawat berbadan besar semisal Boeing 747.


Sebelum Indonesia merdeka, Bandara Sepinggan dikuasai oleh Pemerintahan Belanda dan digunakan untuk membantu kegiatan operasional perusahaan minyak Belanda. Setelah Indonesia merdeka, pengelolaan Bandara Sepinggan akhirnya diserahkan kepada PT. Angkasa Pura I dan mulai dioperasikan secara resmi sebagai bandara internasional sejak tanggal 6 Agustus 1997.

Sebagai bandara internasional, Bandara Sepinggan memiliki tiga terminal utama. Yakni terminal penumpang domestik, terminal penumpang internasional, dan terminal kargo. Sejumlah maskapai yang beroperasi di bandara ini antara lain Air Asia (Kuala Lumpur), Airfast Indonesia (Sangatta), Batavia Air (Banjarmasin, Berau, Jakarta/Soekarno-Hatta, Makasar, Manado, Surabaya, Tarakan, Yogyakarta), Citilink (Jakarta/Soekarno-Hatta, Surabaya), Garuda Indonesia (Jakarta/Soekarno-Hatta, Makasar, Surabaya, Yogyakarta),

Selanjutnya maskapai Indonesia Air Transport (Bontang), Kalstar Aviation (Berau, Nunukan, Samarinda, Tarakan), Lion Air (Jakarta/Soekarno-Hatta, Makasar, Surabaya, Tarakan, Yogyakarta), Merpati Nusantara Airlines (Makasar), Pelita Air Service (Bontang), Silk Air (Singapura), Sriwijaya Air (Banjarmasin, Berau, Jakarta/Soekarno-Hatta, Makasar, Surabaya, Tarakan, Palu, Yogyakarta), Susi Air (Datah Dawai, Melak, Samarinda), Trigana Air Service (Banjarmasin, Berau, Pangkalanbun, Semarang, Tarakan, Tana Toraja).


Jumlah penumpang yang menggunakan Bandara Sepinggan makin hari kian padat. Kini jumlah penumpangnya sudah mencapai 5 juta per tahun. Artinya, bandara ini dipadati oleh sekitar 7000 penumpang per harinya. Bandara Sepinggan merupakan bandara terbesar ke-4 dari 13 bandara yang dikelola oleh PT. Angkasa Pura I. Sarana transportasi publik yang bisa Anda gunakan untuk menuju bandara Sepinggan antara lain taksi, angkutan kota, serta bus. Sejumlah fasilitas yang tersedia di bandara ini antara lain ATM, wartel, mini market, restoran, kafe, bank, kantor pos, dan money changer. Informasi lebih lanjut mengenai Bandara Sepinggan bisa Anda dapatkan melalui nomor telepon 0542–766886 atau datang langsung ke alamatnya di Jl. Marsma Iswahyudi Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur.
 

Design by Raja Tiket - Tiket Pesawat OnlineYogyessiDevicePulsaListrikmdrcct.comJasa JailbreakRaja Jailbreak